Workshop Strategi Peningkatan Kewirausahaan Bagi Mahasiswa

Print Friendly, PDF & Email

Purwokerto – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Purwokerto adakan Workshop dengan tema “Strategi Peningkatan Kewirausahaan bagi Mahasiswa – How To Be Creative and Inovative In Business Semester Gasal Tahun Akademik 2018-2019”. Acara ini diselenggarakan pada hari Selasa (26/06/2018) di Gedung Perkuliahan Terpadu IAIN Purwokerto. Tujuan diadakannya Workshop ini adalah untuk mengetahui kiat-kiat dalam berwirausaha sekaligus sebagai bahan pembelajaran bagi mahasiswa untuk dapat memulai usaha.

Workshop ini di buka oleh Bapak Dr. H. Fathul Aminudin Aziz, MM selaku Dekan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Pada sambutan pembukaan beliau mengharap kepada seluruh peserta workshop agar mempunyai jiwa enterpreneur dan dapat berpikir kreatif sehingga dapat memuncul ide usaha yang baru.

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan materi workshop. Workshop dibagi menjadi empat sesi yang pertama disampaikan oleh Bapak Chandra Warsito, S.TP., SE., M.Si selaku Dosen sekaligus Kepala Laboratorium di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Beliau menyampaikan materi tentang Program Magang Bisnis Mahasiswa (PMBM). Beliau juga menyampaikan tujuan dan manfaat  bagi mahasiswa salah satunya adalah membangun Enterpreneur Softskill atau karakter wirausaha.

Sesi yang kedua disampaikan oleh Narasumber Ibu Ida Puspitarini, S.E, Ak., M.Si, CA selaku dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Kemudian sesi yang ketiga disampaikan oleh narasumber Bapak Edi Astar, SE., M.Si. Beliau mengisi materi tentang cara membuat business plan.

Sesi terakhir materi diisi oleh Bapak Sahid selaku “owner Bakso Pak Sahid”. Beliau menyampaikan kiat-kiat dan tips sukses dalam berwirausaha. “Usaha yang terbaik adalah usaha yang segera dimulai dan dijalankan.” Tuturnya.

“Tips memulai usaha adalah jalankan bisnis yang Anda sukai, Anda kuasai, siapkan modal terutama mental, pintar lihat peluang, tentukan target pasar, dan yang terakhir ikhtiar.” Imbuhnya.

Dengan adanya acara seperti ini diharapkan peserta dapat memulai usaha sejak dini dan pintar dalam melihat peluang yang ada. Setelah empat sesi selesai, acara dilanjutkan dengan foto bersama dan pembagian sertifikat kepada peserta.

Leave a Reply