Workshop Penguatan Peran dan Peningkatan Kompetisi Mahasiswa di Era Milenial

Print Friendly, PDF & Email

73 total views, 1 views today

Purwokerto – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Purwokerto adakan Workshop dengan tema “Penguatan Peran dan Peningkatan Kompetisi Mahasiswa di Era Milenial pada Industri Perbankan Syariah Semester Gasal Tahun Akademik 2018-2019”. Acara ini diselenggarakan pada hari Senin (25/06/2018) di Gedung Gedung Perkuliahan Terpadu IAIN Purwokerto. Tujuan diadakannya Workshop Penguatan Peran dan Peningkatan Kompetisi Mahasiswa di Era Milenial adalah untuk mengenali dan menggali potensi diri dan membangun semangat kerja.

Workshop ini di buka oleh Bapak Drs. Atabik, M.Ag selaku Wakil Dekan III di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Pada sambutan pembukaan beliau mengharap kepada seluruh peserta workshop agar mempunyai semangat dan etos kerja yang tinggi ketika nantinya terjun ke dunia kerja. Beliau berpesan agar dapat memiliki tanggung jawab yang besar terhadap pekerjaan yang diberikan oleh pimpinan.

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan materi workshop. Workshop ini mendatangkan pemateri dari dalam dan luar Fakultas. Workshop dibagi menjadi tiga sesi yang pertama disampaikan oleh Bapak Chandra Warsito, S.TP., SE., M.Si selaku Dosen sekaligus Kepala Laboratorium di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Beliau menyampaikan materi tentang pentingnya tata kelola dan tata kerja pelaporan PPL (Praktek Pengalaman Lapangan). “Praktek Pengalaman Lapangan merupakan kegiatan akademik yang dilaksanakan oleh mahasiswa untuk menambah pengalaman yang lebih luas, sehingga menjadi insan profesional di bidangnya dengan memiliki empat kompetensi yaitu kompetensi personal, profesional, sosial, dan layanan.” Ungkapnya

“Tujuan yang dicapai dalam kegiatan PPL untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa khususnya kemampuan skill and attitude.” Imbuhnya

Sesi yang kedua disampaikan oleh Narasumber Ibu Lorenzia Ida Ayu, SE dari Kementerian Agama Kabupaten Banyumas. Beliau mengisi materi tentang proses mengenali dan menggali potensi diri. Mengenali dan mengembangkan potensi setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda. Beliau juga menyampaikan tentang manfaat mengenali diri sendiri salah satunya adalah mampu menentukan jalan hidup dan mudah dalam mencari solusi. Materi sesi kedua ditutup dengan quote yang dapat memberikan motivasi kepada mahasiswa “Sukses bukanlah milik mereka yang pintar dan cerdas. Suskes adalah milik mereka yang memiliki mimpi dan berjuang mati-matian untuk menggapai mimpi itu.”

Sesi yang ketiga disampaikan oleh narasumber Ibu Ratih Damayanti Branch Manager Bank Syariah Mandiri Ajibarang. Beliau mengisi materi tentang cara membangun motivasi, komitmen dan semangat kerja. Beliau menyampaikan tentang Unsur-unsur semangat kerja. “unsur semangat kerja ada 5 antara lain Presensi, Disiplin Kerja, Kerjasama, Tanggung Jawab, dan Produktivitas Kerja.” Ungkapnya.

Setelah tiga sesi selesai, acara dilanjutkan dengan foto bersama dan pembagian sertifikat kepada peserta.

Leave a Reply