Workshop Kewirausahaan bagi Mahasiswa tahun 2018

Print Friendly, PDF & Email

Purwokerto – Dalam rangka membangun karakter mahasiswa dalam berwirausaha Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) mengadakan kegiatan workshop kewirausahaan bagi mahasiswa. Kegiatan ini diadakan pada hari Selasa, 23 Oktober 2018 bertempat di Hall Perpustakaan IAIN Purwokerto.

Dengan simposium ini diharapkan para mahasiswa FEBI dapat membangun bisnis sejak saat ini dan dapat mencari peluang yang besar.

Kegiatan menghadirkan 2 narasumber, yaitu Bapak Dr. Supani, MA dan Edi Aryanto, SE. Materi pertama diisi oleh Bapak Dr. Supani, MA. Beliau menyampaikan materi tentang kewirausahaan melalui wakaf produktif. Beliau menjelaskan banyak hal mengenai wakaf dan lingkup penguatan serta pemberdayaan wakaf.

“ada 5 unsur dalam wakaf yaitu benda wakaf, wakif, nazhir, ikrar wakaf, dan mauquf ‘alaih.” Ungkapnya.

“kemudian pada saat ini ada beberapa jenis wakaf diantaranya wakaf uang, wakaf benda bergerak selain uang, wakaf benda tak bergerak.” Imbuhnya.

Sebelum memasuki materi kedua terdapat presentasi dari mahasiswa yang sudah mulai berbisnis dalam hal ini adalah saudara Rr. Mutiara dan Nisrina yang berbisnis kue custom yang dapat dipesan sesuai selera.

Setelah itu, masuk ke materi kedua yang disampaikan oleh Edi Aryanto, SE. Beliau menyampaikan materi tentang business revolution step. Beliau merupakan praktisi dalam dunia usaha, usaha yang dia lakoni diantaranya Padi Travel, Padi Trans, padi aqiqah, padi catering dan masih banyak lagi lainnya. Dalam kegiatan ini beliau menyampaikan bagaimana me-manage dan survive dalam berwirausaha agar usaha yang dijalankan dapat berjalan lancar dan tidak mengalami kebangkrutan.

Setelah materi sesi kedua selesai, kemudian ada contoh wirausaha lain yang sudah dijalankan oleh mahasiswa, dalam hal ini adalah saudari puput wulansari yang berbisnis gambar vektor yang cocok dijadikan kado ulang tahun.

Leave a Reply