Workshop Etika Menjadi Banker bagi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Print Friendly, PDF & Email

34 total views, 1 views today

Purwokerto – Dalam rangka membangun karakter menjadi banker yang beretika, berintegritas dan profesional bagi mahasiswa, Maka Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) mengadakan kegiatan Workshop Etika Menjadi Banker bagi mahasiswa. Kegiatan ini diadakan pada hari Sabtu, 06 Oktober 2018 bertempat di Hall Perpustakaan IAIN Purwokerto.

Kegiatan workshop dihadiri oleh mahasiswa FEBI dari semester 5-7 dengan berjumlah 118 orang mahasiswa dan menghadirkan 2 narasumber, diantaranya Ibu Yanita Devianti A sebagai Consumer Loan Manager (CLM) di Maybank Purwokerto dan Ibu Ripta Tri Wuryanti sebagai BSM di Commonwealth Bank Purwokerto.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Dekan III FEBI Bapak Drs. Atabik, M.Ag. Beliau mengungkapkan bahwa mahasiswa FEBI harus dapat menjadi orang yang beretika baik dalam kehidupan sehari-hari maupun nantinya dalam dunia kerja.

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan materi workshop. Workshop dibagi menjadi dua sesi yang pertama disampaikan oleh Ibu Yanita Devianti A dari Maybank Purwokerto. Beliau menyampaikan materi tentang Tips dan Trik Etika dalam bekerja.

“Ada beberapa point penting etika dalam bekerja diantaranya profesionalisme, disiplin, berintegritas, proaktif, bertanggung jawab, team work, jangan berhenti belajar dan say no to fraud.” Ungkapnya.

Beliau juga menyaimpkan sedikit tips dan trik dalam menghadapi wawancara agar dapat menjawab setiap pertanyaan dengan mudah dan lancar.

Sesi kedua sekaligus sesi terakhir materi diisi oleh Ibu Ripta Tri Wuryanti dari Commonwealth Bank Purwokerto. beliau menyampaikan materi tentang grooming dan komunikasi efektif.

Grooming lebih mengarah kepada sikap dan pembawaan, ekspresi wajah dan bahasa tubuh, kebersihan dan kerapian sedangkan komunikasi efektif lebih mengarah kepada pertukaran informasi dan pemahaman dari satu individu ke individu yang lainnya.

“tipe komunikasi terbagi menjadi 3 yaitu verbal, non verbal dan tertulis.” Ungkapnya.

Dengan adanya acara seperti ini diharapkan peserta dapat menerapkan hal tersebut dalam kehidupan sehari dan dunia perbankan nantinya. Setelah sesi selesai, acara dilanjutkan dengan foto bersama pemateri dan pembagian sertifikat kepada peserta.

Leave a Reply