Sosialisasi Percepatan Studi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Print Friendly, PDF & Email

7 total views, 1 views today

Purwokerto – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Purwokerto mengadakan acara Sosialiasi Percepatan Studi Mahasiswa sebagai wadah untuk hearing / dengar pendapat antara pihak fakultas dengan mahasiswa dan sebagai langkah awal untuk mahasiswa agar dapat memahami mekanisme tentang bagaimana caranya mahasiswa tersebut dapat lulus tepat 8 semester bagi mahasiswa S1 dan 6 semester bagi mahasiswa D3.

Acara ini diadakan hari selasa (13/03/2018) bertempat di Gedung Auditorium Utama Institut Agama Islam Negeri Purwokerto. Acara tersebut dihadiri oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Wakil Dekan I, Wakil Dekan III, Kajur Ekonomi Syariah, Kajur Perbankan Syariah, Kajur Mazawa, Kaprog Manajemen Perbankan Syariah, Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam serta lebih dari 200 mahasiswa semester VI keatas dari prodi Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, dan Manajemen Perbankan Syairah.

Acara tersebut dibuka oleh Wakil Dekan I Bapak Iin Solikhin, M.Ag. Beliau menyampaikan agar mahasiswa mulai hari ini mempunyai niat dan tekad agar bisa bisa lulus tepat waktu.

“Dengan diadakannya acara seperti ini diharapkan tidak ada lagi mahasiswa yang lulus semester 11 ke atas. Maka dari itu kalian yang datang pagi ini mulai saat ini harus mempunyai niat dan tekad agar dapat lulus tepat waktu.” Ungkapnya.

“Hari ini pihak Fakultas mengumpulkan mahasiswa FEBI agar kalian dapat menyelesaikan studi dengan cepat dan tepat waktu selama 8 semester dengan IPK lebih dari 3.00 namun juga diharapkan tidak mengurangi kualitas lulusannya.” Imbuhnya.

Selanjutnya dilanjutkan sambutan dari Bapak Dr. H. Fathul Aminudin Aziz, MM selaku Dekan FEBI. Beliau menyampaikan beberapa hal terkait percepatan studi baik tentang kualitas lulusannya maupun harapan setelah diadakannya acara ini.

“Percepatan Studi yang dimaksud disini selain mahasiswa dapat lulus dengan cepat tetapi juga tidak mengurangi kualitasnya. Maka dari itu tidak menutup kemungkinan agar mahasiswa dapat lulus dengan cepat adalah melakukan banyak kegiatan sekaligus contohnya melakukan PPL sambil melakukan kegiatan bisnis karena belajar bisnis setidaknya harus lebih dari 25 kali agar kalian dapat paham betul mengenai mekanisme dalam berbisnis. Oleh karena itu gunakanlah waktu kalian sebaik mungkin, jangan melakukan hal-hal yang sekiranya kurang bermanfaat.” Ungkapnya

Kemudian acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara mahasiswa dengan pihak fakultas. Banyak sekali pertanyaan yang diberikan oleh mahasiswa terkait percepatan studi. Salah satunya dari Ayu mahasiswa semester 6 prodi Ekonomi Syari’ah ini bertanya tentang pendaftaran aplikom dan pengembangan bahasa yang dilakukan secara online.

“saat ini pendaftaran aplikom dan pengembangan bahasa dilakukan secara online namun masih ada kendala karena harus cepat, apabila tidak cepat maka kami ketinggalan dengan mahasiswa lain. Saya sudah melakukan pendaftaran dari semester 2 tapi baru mendapat undangan akhir-akhir ini. Itu menjadi salah satu kendala, maka dari itu bagaimana solusinya?” Tuturnya

Dengan pertanyaan tersebut Dekan FEBI menyampaikan bahwa apabila hal tersebut ketentuan dari Institut maka kami hanya dapat membantu mengusulkan tetapi apabila terkait dengan keputusan dekan maka kami dapat merubah peraturan tersebut.

Adanya acara seperti ini diharapakan mahasiswa dapat lulus tepat waktu, tidak ada lagi mahasiswa yang lulus diatas semester 10 dan mahasiswa dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk penunjang kelulusannya mulai dari lulus semua mata kuliah, lulus BTA/PPI, lulus mata kuliah aplikom sampai membuat judul skripsi.

Leave a Reply