RAPAT KERJA WILAYAH DAN JAMBORE EKONOMI SYARIAH FORNASMEBI WILAYAH III SE DIY-JATENG

Print Friendly, PDF & Email

Purwokerto – Pada tanggal 26 Mei 2021, DEMA FEBI IAIN Purwokerto menyelenggarakan serangkaian kegiatan yaitu, Rapat Kerja Wilayah III dan Jambore Ekonomi Syariah FORNASMEBI (Forum Nasional Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis Islam) se DIY-JATENG yang dilaksanakan pada tanggal 25-27 Mei 2021, dengan tema “Mewujudkan Sinegritas Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis Islam untuk Transformasi Gerakan yang Signifikan”.

“Penentuan IAIN Purwokerto menjadi tuan rumah saat pelaksanaan Musyawarah Wilayah III di Kudus, awalnya memang saya merasa pesimis karena kegiatan ini merupakan event besar yang butuh support dari banyak stake holder, tetapi saya melihat jangka panjang bahwa kegiatan seperti ini memiliki peluang yang luar biasa untuk mengangkat nama baik IAIN Purwokerto, terlebih kita yang saat ini sedang berjihad bersama untuk Transformasi menuju UIN. Sesuatu yang paling membahagiakan bagi saya di kegiatan ini adalah ketika dari kawan-kawan 7 PTKIN ini bisa memenangkan perlombaan Jambore Ekonomi Syariah, artinya mereka pergi jauh-jauh dari kotanya masing-masing tidak sia-sia dan pulang membawa kabar baik untuk instansinya masing-masing. Dan untuk yang belum berkesempatan menjadi pemenang, ini bisa  menjadi proses pembelajaran bagi kawan-kawan semuanya untuk terus belajar dan belajar”, tutur Triyani saat dimintai keterangan melalui Whatsapp (28/5).

Pada hari pertama, kegiatan dilakukan dengan mengadakan Seminar Nasional dengan tema “ Manifestasi Perkembangan E-Commerce pada Mahasiswa Ekonomi Sebagai Transformator Ekonomi Digital”.

Kegiatan ini juga disponsori oleh Link Aja yang diwakilkan oleh Bapak Pandu Aditama selaku Senior Sales Channel Associate Link Aja Syariah, dan pada saat itu juga FORNASMEBI melaksanakan penandatanganan MOU kerja sama dengan Link Aja Syariah bersama agenda Jambore Ekonomi Syariah dan Rapat Kerja Wilayah III.

Sementara itu Dekan FEBI IAIN Purwokerto Bapak Dr. H. Jamal Abdul Aziz, M.Ag sangat mengapresiasi adanya kegiatan FORNASMEBI ini, yakni Rakerwil dan JES Wilayah III yang bertepatan di FEBI IAIN Purwokerto.

“Terus mengasah dan meningkatkan bakat serta minat dari mahasiswa FEBI Se-Wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta, juga dari FORNASMEBI yang sudah memiliki 2 terbitan buku yang harus terus dilakukan agar mahasiswa febi juga bisa mengasah intelektual dan dituangkan dalam tulisan” kata Jamal Abdul Aziz.

Kegiatan ini diikuti oleh Seluruh Pengurus Wilayah III FORNASMEBI yang terdiri dari Ketua SEMA dan DEMA beserta jajarannya yang didelegasikan dari 7 PTKIN yang bergabung di wilayah III FORNASMEBI yaitu UIN SUKA YOGYAKARTA, UIN WALISONGO SEMARANG, IAIN PURWOKERTO, IAIN KUDUS, IAIN PEKALONGAN, IAIN SALATIGA, IAIN SURAKARTA.

Rapat Kerja Wilayah ini merupakan kegiatan tahunan dari pengurus wilayah III untuk membahas mengenai Program kerja seluruh pengurus satu periode yang akan datang, sekaligus menekankan akan dibawa kemana roda organisasi fornasmebi tingkat wilayah ini.

Tidak hanya Rapat Kerja saja yang ada pada kegiatan tersebut, kegiatan ini diramaikan dengan Acara Jambore Ekonomi Syariah Se-DIY Jateng yang sudah dilaksanakan pada tanggal 20 April sampai dengan 3 Mei 2021, dan untuk Finalnya dilaksanakan saat hari H di IAIN Purwokerto.

Pada hari kedua tanggal 26 Mei, peserta Jambore Ekonomi Syariah dua terbaik ditampilkan, maka pada malam Inagurasinya akan diumumkan siapa saja dari PTKIN yang mendapatkan juara, dan untuk Jurinya merupakan juri-juri yang sudah profesional di bidangnya masing-masing, seperti Mamock Ngudi Utomo. A.Md, Rahmini Hadi S.E., M.Si., Endah Kusumaningrum M.Pd., Ubaidillah S.E., M.Si., M. Wildan Hummaidi S.H.I., M.H.

Kemudian pada malam Inagurasi bakat-bakat Mahasiswa FEBI IAIN Purwokerto ditampilkan, seperti ada yang menari dari DUTA FEBI nya, ada yang menyanyi, ada yang akustikan, dll, karena itu merupakan serangkaian penutup sebelum nantinya akan ada closing ceremony dan semua peserta pastinya menikmati kegiatan tersebut.

Pada hari terakhir saat Karya Wisata, dilanjutkan dengan kegiatan Closing Ceremony yang ditutup oleh Bapak Warek III, pada saat Opening Ceremony dibuka oleh Bapak Dekan maka untuk Closingnya ditutup oleh Bapak Warek III yaitu Bapak Dr. Sukhan Hakim S.Ag. M.M. Setelah ditutup dilanjutkan dengan penyerahan Donasi yang terkumpul dari teman-teman yang memberikan Donasi untuk Palestina.

Disamping itu, menurut salah satu Peserta Rakerwil FORNASMEBI yang dimintai keterangan melalui Watsapp yaitu Dian Wahyudi dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, menyatakan pesan dan kesannya serta harapan kedepannya untuk FORNASMEBI dan DEMA FEBI IAIN Purwokerto.

“sangat luar biasa sekali karena kita bisa ditemukan dengan banyak orang yang tidak tahu siapa namanya, tidak tahu asal mana, tapi dengan FORNASMEBI ini kita bisa berkumpul di satu wadah untuk bertukar pikiran atau memberikan gagasan atau masukan ataupun saran untuk memajukan organisasi itu, untuk pesannya sendiri, semoga FORNASMEBI bisa berkelanjutan lagi dan makin sukses dan bisa menjadi agen of change untuk perubahan pengembangan ekonomi islam. Harapan kedepan untuk FORNASMEBI akan semakin jaya, dan harapan untuk DEMA FEBI IAIN Purwokerto yaitu jangan lupa untuk mengembangkan lagi organisasinya, jangan mudah puas dengan apa yang sudah dilakukan, masih banyak sekali beberapa kekurangan-kekurangan yang bisa ditambah dan bisa diperbaiki lagi”, Ujar Dian Wahyudi (28/5).

Triyani selaku DEMA FEBI IAIN Purwokerto juga mempunyai harapan untuk FORNASMEBI kedepannya “Saya berharap semoga FORNASMEBI ini tidak hanya menjadi kegiatan seremonial rutinan saja antar DEMA dan SEMA, tetapi terus mewadahi generasi ekonom muda agar tidak hanya mensejahterakan dirinya saja tetapi juga berkontribusi terhadap Indonesia, khususnya dalam menciptakan keuangan yang berkelanjutan. Lebih dari itu, semoga ini menjadi insight yang luar biasa bagi kita semua untuk meningkatkan silahturahmi serta konsolidasi seluruh pengurus di tingkat wilayah”.

Leave a Reply