Prodi Manajemen Zakat dan Wakaf Adakan Praktikum Mata Kuliah Fiqh Zakat

Print Friendly, PDF & Email

85 total views, 1 views today

Purwokerto – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Perbankan Syariah program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf mengadakan kegiatan praktikum Mata Kuliah Fiqh Wakaf sebagai bagian dari kegiatan belajar mengajar.

Kegiatan praktikum tersebut diadakan pada hari Selasa (10/07/2018) bertempat di Ruang Kuliah F-1 Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Lantai 3. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bapak Drs. Atabik, M.Ag selaku Wadek III, Ibu Rahmini Hadi, M.Si selaku Kaprodi Manajemen Zakat dan Wakaf serta Ibu Dewi Laela Hilyatin, M.S.I dan Bapak Ubaidillah, M.E.I selaku narasumber pada acara tersebut.

Praktikum ini diperuntukan untuk seluruh mahasiswa Manajemen Zakat dan Wakaf sekaligus menjadi pioneer agar melakukan gerakan ‘1 Hari 1 Koin’.

Kegiatan ini dibuka oleh Ibu Rahmini Hadi, M.Si kemudian langsung dilanjutkan sambutan oleh Bapak Drs. Atabik, M.Ag selaku Wadek III, Beliau menyampaikan tujuan dari diadakannya kegiatan praktikum tersebut adalah agar mahasiswa selalu berlatih untuk dapat menabung dan hasil menabung tersebut dapat disalurkan ke pihak-pihak yang lebih membutuhkan.

“Dengan adanya kegiatan seperti ini diharapkan kalian dapat berlatih untuk menabung dan tabungan kalian dapat bermanfaat. Dengan pembagian celengan sekaligus gerakan 1 hari 1 koin harapannya kita semua dapat menyisihkan sebagian untuk dapat ditabung.” Ungkapnya

Setelah sambutan yang diberikan oleh Bapak Drs. Atabik, M.Ag acaranya dilanjutkan dengan materi dari narasumber. Sesi pertama diisi oleh Ibu Dewi Laela Hilyatin, M.S.I dengan judul materi “Desain Produk Pendayagunaan ZISWAK (Zakat, Infaq, Sodakoh, dan Wakaf).” Beliau menyampaikan dalam proses manajemen zakat terdapat beberapa urutan.

“Urutan dalam manajemen zakat terbagi menjadi 4 yang pertama adalah penghimpunan, kemudian pengelolaan, pendayagunaan dan pendistribusian.” ungkapnya.

Kemudian sesi kedua diisi oleh Bapak Ubaidillah, M.E.I. beiau menyampaikan materi tentang “Manajemen Pemasaran dan Pengelolaan Zakat”. Dalam materinya secara garis besar beliau menyampaikan bagaimana cara pengelolaan dan pemasaran dengan baik.

Leave a Reply