Media Talks 2021 (Mahasiswa Praktis Pake QRIS)

Print Friendly, PDF & Email

Purwokerto – Pada tanggal 26 Maret 2021, DEMA FEBI IAIN Purwokerto bersama dengan Duta QRIS BI Purwokerto telah menyelenggarapan Talk Show yang diadakan melalui Zoom Conferences. Talk Show yang diadakan mengusung tema “Mahasiswa Praktis Pake QRIS”.

Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) adalah standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

QRIS merupakan salah satu upaya untuk menyongsong digitalisasi pasar dan mendukung digitalisasi perbankan sebagai lembaga utama dalam ekonomi-keuangan digital melalui open-banking maupun pemanfaatan teknologi digital dan data dalam bisnis keuangan. Selain itu, QRIS juga sebagai upaya menghadapi tantangan di masa pandemi.

QRIS memiliki banyak manfaat, salah satunya bisa menjadi solusi metode pembayaran baru untuk merchant karena transaksi dapat dilakukan secara cepat, terhindar resiko uang palsu, membangun credit profile, dan manfaat lainnya.

Menurut Dede Prasetyo Duta QRIS BI Purwokerto, tujuan diadakannya acara Talk Show ini untuk memberikan edukasi tentang QRIS ke mahasiswa-mahasiswa dan civitas akademik di Perguruan Tinggi. acara ini juga merupakan Program Kerja (QRIS Goes To Campus) dari Duta QRIS BI Purwokerto. Dede juga menuturkan bahwa Kegiatan QRIS Goes to Campus lebih diutamakan di kampus IAIN Purwokerto, tetapi juga akan mengadakan di kampus-kampus lain. Selain itu Dede berharap semoga dengan acara Talk Show ini mahasiswa dan civitas akademik paham akan QRIS dan dapat mengimplementasikannya.

“Jadi tujuannya untuk memberikan edukasi tentang QRIS BI ke mahasiswa sama civitas akademik di kampus, dan ini merupakan program kerja dari Duta QRIS BI Purwokerto. Harapannya juga dari mahasiswa dan civitas akademik paham tentang apa itu QRIS, dan mulai mengimplementasikan QRISnya juga, menuju UMKM naik kelas dan masyarakat digital yang melek akan informasi”, pungkasnya saat dimintai keterangan melalui Whatsapp (26/3).

Ketua DEMA FEBI Triyani mengungkapkan bahwa Talk Show yang diadakan oleh Duta QRIS BI Purwokerto di IAIN Purwokerto bersama dengan DEMA FEBI merupakan yang pertama kali.

“Kegiatan yang dilaksanakan di ruangan Febi Media Centre bersama DEMA FEBI ini adalah first time dari teman-teman DUTA QRIS mengadakan sosialisasi ke kampus-kampus dan alhamdulilah IAIN menjadi kampus pertama”. pungkasnya saat dimintai keterangan melalui Whatsapp (26/3).

Acara dimulai dengan pembukaan dari Master of Ceremony (MC) sebagai kalimat pembuka untuk membuka acara Talk Show dan dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Selanjutnya,  dilakukan sambutan-sambutan. Sambutan pertama dari Ketua DEMA FEBI IAIN Purwokerto, sambutan kedua dari perwakilan Duta QRIS BI Purwokerto, sambutan ketiga dari Perwakilan BI Purwokerto, dan sambutan terakhir yang keempat dari Wakil Dekan 3 FEBI IAIN Purwokerto.

Selanjutnya, memasuki acara inti yaitu Talk Show yang dimoderatori oleh Chomsatun Arofah sebagai pengurus DEMA FEBI IAIN Puwokerto dan Pembicara oleh Khamidatunnisa sebagai perwakilan Duta QRIS BI Purwokerto dan dilanjut dengan sesi tanya jawab antara pembicara dan peserta melalui Zoom Conferences.

Setelah acara inti, Talk Show tidak langsung ditutup, tetapi ada seputar kuis yang diadakan melalui kuis kahoot dengan hadiah E-Money senilai masing-masing Rp.50.000;- untuk 3 orang pemenang.

Ketua DEMA FEBI IAIN Purwokerto mengungkapkan rasa terimakasih kepada Duta QRIS BI Purwokerto yang sudah bersedia menyempatkan waktu untuk sharing ilmu dan kolaborasi bersama dengan teman-teman DEMA FEBI.

Kemajuan teknologi dan informasi di era modern ini, memberikan banyak pengaruh dalam berbagai aspek kehidupan. Menurut data riset yang ada bahwa masyarakat cenderung lebih menyukai aktivitas-aktivitas yang bersifat praktis, mudah, efisien, dan cepat. Oleh karena itu kita tentunya sebagai mahasiswa ekonomi terutama atau non ekonomi harus tanggap terhadap segala macam perubahan, mampu mengikuti trend digital, mampu menyederhanakan proses yg rumit salah satunya adalah dengan memakai Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

Harapannya semoga ini bukan kali pertama kita bekerja sama dengan Duta QRIS BI Purwokerto tetapi bisa ada kerjasama yang berikutnya lagi sebagai realisasi program tri dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat.

Leave a Reply