HALAL BIHALAL ALA KSEI DI TENGAH PANDEMI

Print Friendly, PDF & Email

Usai melaksanakan puasa Ramadan, seluruh umat muslim di Indonesia mempunyai tradisi tersendiri yang biasa kita kenal dengan sebutan “Halal bihalal”. Kegiatan tersebut seperti berkunjung ke rumah kerabat maupun teman, bersilaturahmi, bermaaf-maafan, hingga menikmati makan bersama. Namun, Halal Bihalal selepas Ramadan tahun ini terasa berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, Idulfitri tahun ini kita semua sedang dalam kondisi kungkungan Covid-19, sehingga pemerintah mengeluarkan kebijakan physical distancing dengan menganjurkan orang-orang untuk membatasi kontak langsung atau jaga jarak dengan orang lain.

Meskipun begitu, silaturahmi lebaran tahun ini tetap bisa dilaksanakan dengan memanfaatkan media daring. Seperti kegiatan yang dilakukan oleh Komunitas Studi Ekonomi Islam (KSEI), IAIN Purwokerto yang melaksakan halal bihalal melalui media Google Meet.

Halal bihalal tersebut dilaksanakan pada Jumat, 29 Mei 2020, Pukul 13.00-14.00 WIB. Dalam kegiatan tersebut, KSEI IAIN Purwokerto mengangkat tema “Mempererat Ukhuwah Islamiyah di Hari Kemenangan”. Melalui aplikasi Google Meet, segenap keluarga besar KSEI IAIN Purwokerto mulai dari pembina, alumni, demisioner, pengurus, hingga anggota aktif saling menyapa dan bertegur sapa. Dengan diadakanya halal bihalal ini diharapkan akan semakin mempererat tali silaturahim lintas generasi di KSEI. Terselenggaranya kegiatan ini membuktikan bahwa walaupun dalam keterbatasan situasi, KSEI tetap mampu menjalin hubungan yang harmonis sebagai satu keluarga dan saling menguatkan serta berdoa bersama guna melewati pandemi ini bersama sama.

Kegiatan tersebut juga menuai tanggapan positif dari Bu Dewi Laela Hilyatin, M.S.I selaku Kajur Ekonomi Syariah, beliau mengatakan bahwa “Kegiatan ini sangat bagus dan perlu untuk dilestarikan, tema yang diambil juga tepat,” pungkasnya.

Melia Winda Lestari, ketua KSEI IAIN Purwokerto berharap, walaupun masa pandemi seperti sekarang ini Komunitas Studi Ekonomi Islam (KSEI) IAIN Purwokerto tetap bisa comeback dalam hal prestasinya, tetap menjaga rasa kekeluargaan yang semakin solid, dan senantiasa menjadi pelopor hal-hal baik bagi KSEI sendiri maupun yang lain.  (Diwartakan oleh Melinda Tiara Azhari)

Leave a Reply