FEBI Adakan Workshop Methode Analisis Kuantitatif SEM And Mix Methode Bagi Tenaga Pendidik dan Kependidikan

Print Friendly, PDF & Email

Purwokerto – Sebagai bagian dari civitas akademika terutama tenaga pendidik dan tenaga kependidikan selain melakukan aktivitas kegiatan mengajar juga tentunya terutama dosen banyak melakukan penelitian keilmuan dan pengabdian yang tidak luput dari metode analisis data.

Untuk semakin meningkatkan keahlian dan pemahaman terhadap metode analisis dalam penelitian, maka Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam berinisiatif untuk melakukan refreshing ilmu dengan mengadakan Workshop Methode Analisis Kuantitatif SEM And Mix Methode Bagi Tenaga Pendidik dan Kependidikan terutama di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Purwokerto.

Workshop diadakan pada hari Selasa Tanggal 29 November 2016 yang bertempat di Gedung Pusat Komputer lantai 2 IAIN Purwokerto. Workshop ini di hadiri oleh 29 Peserta yang terdiri dari tenaga pendidik dan kependidikan di lingkungan Fakultas Ekonomi danĀ  Bisnis Islam IAIN Purwokerto.

Workshop ini di buka oleh ketua panitia Bapak Chandra Warsito, S.TP.,SE.,M.Si selaku Kepala Laboratorium Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Dr. H. Fathul Aminudin Aziz, MM selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Purwokerto. Pada sambutan pembukaan beliau mengharap kepada seluruh peserta agar workshop ini dimanfaatkan sebaik mungkin dan materi bisa terserap secara efektif dan efisien.

Workshop ini terdiri dari dua sesi materi, materi pada sesi pertama tentang metode analisis kuantitatif SEM yang disampaikan oleh narasumber Arief Adhy Kurniawan, SE.,M.Si. Beliau adalah dosen pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNSOED. Pada sesi pertama ini peserta sangat antusias mencatat, membuat diagram sendiri dan mengaplikasikannya, mereka juga banyak bertanya bagaimana mengolah data yang bertingkat dengan lebih kompleks . Pada materi pada sesi kedua disampaikan oleh narasumber Refius Pradipta, M.Si. Beliau adalah dosen STMIK AMIKOM Purwokerto. Dalam paparannya beliau membahas tentang bagaimana mengolah data kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan mix methode, pada sesi ini peserta lebih banyak berdiskusi tentang bagaimana alur mengaplikasikan mix methode ini dalam sebuah penelitian kuantitatif dan kualitatif.

Tujuan diadakannya workshop ini adalah mengupdate kembali ilmu dan wawasan para tenaga pendidik dan kependidikan berkaitan dengan penelitian sehingga kedepannya dapat diaplikasikan pada penelitian agar lebih berbobot dan lebih dalam analisisnya.

Leave a Reply