Eksistensi KSEI IAIN Purwokerto di Tengah Pandemi

Print Friendly, PDF & Email

Bulan Ramadan ialah bulan yang selalu dinantikan oleh seluruh umat muslim di dunia. Bulan yang penuh berkah karena setiap amal yang kita lakukan pahalanya akan dilipatgandakan, sehingga umat muslim berlomba-lomba dalam beribadah dan berbuat kebaikan. Namun, bulan Ramadan tahun ini sangatlah berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Serangan pandemi Covid-19 ini telah membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan menganjurkan masyarakat untuk mematuhi aturan tersebut.

Dalam kondisi tersebut, bukan berarti segala sesuatu menjadi berhenti, apalagi untuk berbuat kebaikan. Seperti yang dilakukan oleh Komunitas Studi Ekonomi Islam (KSEI) IAIN Purwokerto yang selama momentum Ramadan menyelenggarakan kegiatan kultum. Kegiatan ini dilakukan mulai dari hari pertama puasa sampai hari ke-29 bulan Ramadan. Kultum yang disampaikan tersebut diramu dengan berbagai tema yang ringan dan mudah dipahami oleh penontonnya.

Semua pengurus KSEI diberi jadwal untuk melaksanakan kultum untuk diunggah ke akun Youtube resmi KSEI IAIN Purwokerto. Setiap hari, KSEI selalu rutin mengunggah satu sampai dua video kultum tersebut. Melia Winda lestari, Ketua KSEI IAIN Purwokerto mengungkapkan, “Tujuan agenda ini yaitu dengan bertepatan datangnya bulan Ramadan, pengurus KSEI juga ingin berbagi kebaikan dengan adanya kultum ini. Meski masih banyak kekurangan, kami selaku pengurus KSEI berharap melalui kultum ini bisa berdampak positif bagi para penontonnya,” tuturnya.

Diharapkan, dengan adanya kegiatan kultum Ramadan yang diselenggarakan KSEI IAIN Purwokerto dapat menjadikan manfaat bagi umat muslim sekalian terutama para mahasiswa IAIN Purwokerto dalam mengamalkan ibadah puasa di tengah pandemi ini. (Diberitakan oleh Yuli Hana Puji Utami)

Leave a Reply