Bakti Sosial Ramadhan “Indahnya Saling Peduli dan Berbagi Di Bulan Suci Ramadhan”

Print Friendly, PDF & Email

Tidak terasa Ramadan sudah terlewat selama beberapa pekan ini. Namun kebijakan physical distancing masih dilakukan guna memutus persebaran adanya virus COVID-19 yang mewabah di Indonesia. Melihat kondisi tersebut sangat berdampak besar bagi perekonomian masyarakat, terutama masyarakat kalangan bawah seperti para pedagang kecil, tukang becak, pengamen, pemulung dan lainnya. Oleh karena itu, seluruh komunitas FEBI IAIN Purwokerto periode 2020/2021 yang terdiri dari Komunitas Creative Entrepreneur Organization  (CEO), Komunitas Febi Arabic Club (FAC), Komunitas Febi English Club (FEC), Komunitas Marketing Perbankan Syariah (KMPS), Komunitas Study Ekonomi Islam (KSEI), dan  Komunitas Study Pasar Modal (KSPM) serta Komunitas Pondok Zakat dan Wakaf (PONDOK ZAWA) pada Minggu, 17 Mei 2020 telah mengadakan sebuah kegiatan bakti sosial Ramadan yang bertemakan “Indahnya Saling Peduli dan Berbagi di Bulan Suci Ramadhan”.

Mereka melakukan tersebut tidak lain untuk mengejar rahmat Allah Swt. Di bulan yang penuh berkah ini serta karena bakti sosial ini dilakukan dengan adanya kolaborasi antara seluruh komunitas FEBI maka tujuan mereka agar masing-masing dari komunitas akan terus bekerjasama untuk membawa nama baik FEBI, kemudian dapat menjalin tali silaturahmi, menumbuhkan jiwa sosial serta memberikan kontribusi nyata dengan saling berbagi sebagaimana tri dharma perguruan tinggi yang ke tiga yaitu pengabdian masyarakarat. Kegiatan berjalan dengan lancar dan mendapat sambutan yang baik dari Dr. H. Jamal Abdul Aziz, M. Ag. selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI).

 “Kegiatan ini bagus. Semoga kepedulian kalian semua kepada kaum duafa selalu menjadi karakter yang tak terpisahkan yang mewakili mahasiswa FEBI pada umumnya. Saya ikut bangga akan hal itu ke depan semoga bisa terus dipertahankan dan ditingkatkan” tutur beliau.

Respon positif lainnya juga dikatakan oleh masing-masing ketua komunitas FEBI yang dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini merupakan aksi kolaborasi yang bagus antara seluruh komunitas FEBI yang dijalankan dengan penuh rencana dan persiapan yang matang sehingga pelaksanaannya pun berjalan lancar. Sasaran penerima nya juga sesuai kepada orang yang membutuhkan. Bakti sosial ini sangat bermanfaat bagi orang-orang yang membutuhkan apalagi di masa pandemi ini serta sebagai sedekah donatur untuk orang yang membutuhkan apalagi bertepatan di bulan Ramadan yang semoga membawa berkah untuk semua. Hal ini juga sebagai upaya yang bisa meningkatkan jiwa sosial anggota komunitas dengan masyarakat yang merupakan wujud kepedulian dari mahasiswa FEBI khususnya komunitas yang ada di FEBI. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan mampu mendekatkan seluruh komunitas di FEBI dan memperkenalkan komunitas FEBI IAIN Purwokerto kepada masyarakat umum.

Mereka berharap semoga dengan adanya bentuk kepedulian komunitas FEBI ini bisa sedikit meringankan beban masyarakat yang membutuhkan ditengah pandemi Covid-19 dan kegiatan seperti ini dapat terus dipertahankan untuk menjadi inspirasi bagi lembaga kemahasiswaan  yang lain bahwasanya mahasiswa sebagai tokoh intelektualitas itu tidak hanya sekedar kita belajar di ruangan atau cukup pemahaman literasi saja tetapi kita yang basicly adalah dari keagamaan Islam negeri juga harus bisa menjadi sosok tokoh yang humanis dalam menjalankan sebuah program kerja.

Terkait dengan teknis pelaksanaannya, untuk koordinasi pertama melalui perantara ketua dari masing-masing komunitas FEBI itu sendiri. Setelah semuanya menyetujui akan rencana kegiatan tersebut, ketua komunitas mengirimkan anggota atau divisinya untuk menjadi media koordinasi bakti sosial. Setelah semua perwakilan anggota terkumpul di sebuah roomchat, mereka musyawarahkan bersama komunitas yang lain melalui WhatsApp group (WA), setelah setuju semua akhirnya mereka share pamflet untuk open donasi yg mereka buka selama kurang lebih 8 hari yg berakhir sampai tanggal 15 Mei 2020. Setelah dana sudah terkumpul pada tanggal 16 Mei mereka alokasikan dana untuk membeli 42 bungkus sembako yang berisi beras, minyak, gula, mie instan, kecap, teh, tepung dan garam yang dibagikan pada tanggal 17 Mei 2020 dengan sasaran wilayah Purwokerto seperti Karang Pucung, Terminal Bulupitu, Pasar Cermai, Dukuh Waluh, Alun-Alun dan Taman Andhang Pangrenan serta wilayah sekitar Stasiun Purwokerto. (Diberitakan Oleh: Tasbihatun Nisa)

Leave a Reply